Dinas Kesehatan Luwu Timur Gratiskan Tes Kesehatan Bagi Calon KPPS Pemilu 2024

BERITALUTIM.COM – Dinas Kesehatan Luwu Timur mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Puskesmas di Kabupaten Luwu Timur untuk memberikan layanan tes kesehatan secara gratis kepada calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Umum 2024. Keputusan ini merespons surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur yang meminta fasilitasi dukungan pemerintah daerah dalam pelayanan kesehatan pada rekrutmen petugas KPPS.

Plt Kadis Kesehatan Luwu Timur, dr. Adnan, dalam surat edaran tersebut menyatakan bahwa seluruh Puskesmas di Kabupaten Luwu Timur diwajibkan memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan menyediakan surat keterangan sehat jasmani kepada calon anggota KPPS secara gratis.

“Pelayanan pemeriksaan tekanan darah, nadi, pernafasan, dan suhu badan wajib diberikan secara gratis. Adapun pemeriksaan gula darah dan kolesterol hanya diberikan jika ada indikasi klinik, dan intervensi lebih lanjut yang berkaitan dengan adanya indikasi penyakit tidak termasuk dalam pelayanan yang dimaksud,” ungkap dr. Adnan.

Pendaftaran KPPS telah dibuka oleh KPU Luwu Timur sejak 11 Desember 2023 dan akan berakhir pada 20 Desember mendatang. Dalam rekrutmen ini, KPU Luwu Timur berencana merekrut 5.670 KPPS untuk mengawasi proses pemungutan suara pada Pemilu 2024. Masa kerja KPPS direncanakan berlangsung mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2024, dengan gaji sebesar Rp1,2 juta untuk ketua dan Rp1,1 juta untuk anggota KPPS. Langkah ini diharapkan dapat mendukung kelancaran dan kredibilitas pelaksanaan pemilu di tingkat daerah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini