BREAKING NEWS

Dewan Apresiasi Gerakan PBLHS Menuju Sekolah Adiwiyata

Senin, 29 November 2021 | 10:16 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR — Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, Siddiq mengapresiasi gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) menuju Sekolah Adiwiyata.

Serta kegiatan penanaman pohon pada Hari Menanam Pohon Indonesia yang digelar di Lapangan Merdeka Puncak Indah Malili, Jumat (26/11/2021).

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan Penghargaan Adiwiyata di Kabupaten bagi sekolah yang telah menerapkan PBLHS.

Adapun model penilaian yang dilakukan ada dua tahap, yaitu verifikasi dokumen sebanyak 13 sekolah/madrasah dan verifikasi lokasi bagi 11 sekolah.

Dalam kegiatan ini, hadir Bupati Luwu Timur, Budiman Kepala Kejari, Muh Zubair, perwira penghubung, Mayor Inf Martinus Pagassing.

Selain itu, Wakil Ketua Pengadilan Agama Luwu Timur, Muh Yusuf serta Kepala Cabang Bank Sulselbar Luwu Timur, Idham Khaliq.

Menurut informasi, sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2020 jumlah Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Luwu Timur sebanyak 53 sekolah.

Kemudian dan pada tahun 2021 bertambah 11 sekolah dan totalnya Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Luwu Timur hingga tahun 2021 sebanyak 64 sekolah.

Bupati Budiman mengatakan, salah satu manfaat dari program Adiwiyata adalah menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.

“Adiwiyata juga akan menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik bagi warga sekolah dan warga di sekitarnya,” ujarnya.

“Program Adiwiyata ini adalah salah satu kontribusi sekolah dalam rangka penyelematan lingkungan,”

“Program ini akan mencipatkan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di waktu mendatang sekolah tersebut dapat bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan,” ujar Budiman.

Penghargaan yang terakhir diberikan oleh Bupati Luwu Timur kepada Kader Adiwiyata Tahun 2021 yang diberikan kepada Muh. Rafatar Siswa SDN 238 Mallaulu Kecamatan Malili.

Penghargaan ini terpotret atas kesadaran Rafatar dalam membuang sampah pada tempatnya yang sangat penting untuk di teladani.

Usai memberikan penghargaan kepada sekolah Adiwiyata, Budiman bersama HM Siddiq BM dan unsur Forkopimda melakukan penanaman pohon.

Ini dilakukan sebagai bentuk peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang di peringati setiap tanggal 28 November 2021 yang dipusatkan di lingkungan RTH Lapangan Merdeka Malili.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT