BREAKING NEWS

Bupati Luwu Timur Serahkan Bantuan Alsintan dan Bibit Untuk Poktan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:21 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang di rangkaikan dengan penyerahan bantuan bibit durian. Bantuan tersebut di serahkan langsungboleh Bupati Luwu Timur, H Budiman di Aula Dinas Pertanian, Kamis (14/10/2021).

Kepala Dinas Pertanian Luwu Timur, Amrullah dalam laporannya mengatakan calon penerima bibit durian musangking dananya dari APBD Pokok Luwu Timur Tahun 2021 dengan anggaran berjumlah Rp 85.000.000 untuk pengadaan 1.000 Pohon yang di peruntukkan kepada 2 Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Tomoni yaitu Poktan Sipatuo Sipattokkong di Desa Bayondo dan Poktan Maseddi Ada’ di Desa Ujung Baru.

“Mudah-mudahan bantuan bibit yang di berikan ini dalam jangka waktu tiga tahun kedepan, bisa panen raya dan dapat di panen langsung oleh Bupati Luwu Timur” katanya.

Lanjut Amrullah, untuk bantuan bibit kedelai, menyasar 8 kelompok di wilayah Mahalona Raya Kecamatan Towuti. Bantuan kedelai ini bersumber dari APBD Provinsi senilai Rp 36.000.000. “dengan adanya bantuan kedelai ini, saya berharap Mahalona Raya dapat menjadi sentra budidaya kedelai” ungkapnya.

Untuk Bantuan Alsintan, terdiri dari Rice Transplanter (Mesin Tanam) padi sebanyak 3 (tiga) unit di berikan kepada poktan Pemuda Jaya Desa Manggala Kecamatan Mangkutana, Upja Maju Lancar Desa Purwosari Kecamatan Tomoni Timur, dan Poktan Sipatokkong 2 Desa Tarengge Timur Kecamatan Wotu.

Selanjutnya Bantuan Power Thresher Multiguna untuk pengelolah kedelai sebanyak 2 (dua) unit di berikan kepada Poktan Sinar Pelangi Desa Kasintuwu Kecamatan Mangkutana dan Poktan Sido Muncul Makmur Desa Mahalona Kecamatan Tomoni.

Bupati Luwu Timur, H Budiman dalam sambutanya mengatakan dengan memanfaatkan alsintan, produktivitas tenaga kerja diharapkan akan meningkat karena tujuan utama dari pemanfaatan alsintan salah satunya untuk mempersingkat waktu pengelohan tanah, mempercepat waktu penanaman sehingga ada keserempakan waktu tanam maupun keserempakan waktu panen.

Harapan Bupati Budiman kepada kelompok tani yang mendapat alsintan agar betul-betul memanfaatkan dan menggunakan alsintan tersebut dengan sebaik-baiknya. “Ketika Pemerintah memberikan bantuan sarana tolong di jaga dan dipelihara dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu yang lama” tegasnya

“Kita punya kawasan yang luas, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya. Dengan dukunga teknologi serta kebijakan Pemerintah Pusat dan Provinsi, kita bisa melahirkan petani- petani yang handal dimasa depan” ujarnya.

Acara penyerahan bantuan ini juga dihadiri, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian dan PPL Wilayah Binaan Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, dan Pengurus Kelompok Tani Penerima Bantuan. (wi/hms)

luwutimur

lutim

luwutimurinspiring

lutiminspiring

berkelanjutandanlebihmaju

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT