BREAKING NEWS

Bupati Luwu Timur Kukuhkan Pengurus HIPSO Periode 2022-2025

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:21 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengukuhkan Pengurus Himpunan Pengusaha Sorowako (HIPSO) periode 2022-2025 yang bertemakan, “Peran Pengusaha Lokal dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Menjaga Kelestarian Bumi”, di Hotel Matano Sunrise, Desa Sorowako, Kec. Nuha, Sabtu (01/10/2022).
    Turut hadir dalam Pengukuhan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Luwu Timur, Kamal Rasyid, Manajemen PT. Vale Indonesia Tbk. (PTVI), Endra Kusuma, Lurah Magani, Rani Syam, Kepala Desa Sorowako, Jihadin Peruge, Jajaran Pengurus & Anggota HIPSO serta tamu undangan.
    Setelah mengukuhkan pengurus HIPSO periode 2022-2025, H. Budiman mengucapkan selamat atas pengukuhan Ketua HIPSO Terpilih, Madras bersama seluruh jajaran pengurus HIPSO.
    Beliau memberikan harapan kepada pengurus HIPSO yang baru agar terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan PTVI sebagai satu kesatuan dalam memberikan kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi tambang sesuai perkembangan dan dinamika dunia usaha saat ini.
    “Keberadaan PTVI selama ini juga telah menjalin kerjasama yang baik dengan kontraktor lokal terutama di Sorowako, namun kiranya perlu ditingkatkan bentuk kerjasamanya dan ini yang perlu kita diskusikan terutama dengan pekerjaan-pekerjaan kontraktor nasional yang bisa dikerjakan oleh kontraktor lokal sebaiknya diutamakan karena dengan adanya peningkatan sumber daya kontraktor lokal tentu akan berdampak pula pada kesejahteraan tenaga kerja lokal,” harap Budiman.
    Oleh sebab itu, lanjut Bupati, perlu dibicarakan kembali terkait peran dan tugas antara kontraktor lokal dan nasional, karena pengalaman kontraktor lokal yang telah lama bermitra dengan PTVI tentunya sudah cukup paham akan kebutuhan PTVI dan itu yang tidak dimiliki oleh kontraktor dari luar Luwu Timur.
    “Dan saya menitipkan pesan kepada pak Endra untuk disampaikan kepada manajemen PTVI untuk membuka seluas-luasnya peluang kepada para kontraktor lokal,” pesan Budiman.
    Selain itu, Bupati juga menyampaikan tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal sebagai salah satu hal penting yang juga harus dipikirkan sedari sekarang. Itulah sebabnya pemerintah daerah telah menyiapkan beasiswa 30 milyar setiap tahunnya untuk para mahasiswa asal Luwu Timur yang menempuh pendidikan Sarjana S1 dan juga bantuan yang berasal dari PTVI untuk beasiswa S2 dan S3.
    “Saya mengajak teman-teman HIPSO juga turut berkontribusi dalam peningkatan SDM lokal dalam bentuk pemberian beasiswa kepada para pelajar/ mahasiswa yang berprestasi. Karena hal tersebut juga akan semakin membuktikan bahwa keberadaan HIPSO telah menjadi pemicu ekonomi dan pemicu kesejahteraan masyarakat yang di Sorowako dan daerah lainnya di Luwu Timur,” tuturnya.
    Madras, selaku Ketua HIPSO periode 2022-2025 mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan apresiasi Bupati Luwu Timur dan akan berusaha semaksimal mungkin dalam memimpin HIPSO kedepannya.
    Madras yang juga merupakan aktivis lingkungan mengajak para anggota HIPSO untuk menjalin komunikasi pengusaha lokal dalam berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.
    “Harapan pak bupati dan masyarakat Sorowako, Luwu Timur akan menjadi motivasi bagi pengurus HIPSO yang baru dan kami akan bekerja keras berkontribusi dalam membantu saudara kita, masyarakat kita dan lingkungan kita,” jelasnya.
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT