BREAKING NEWS

Bupati Luwu Timur Hadiri Perayaan Piodalan Pura Bakung Umat Hindu di Angkona

Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:50 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Bupati Luwu Timur H Budiman menghadiri Piodalan atau hari jadi Pura Bakung, di Balai Banjar Adat Kertha Buana, Desa Taripa, Kecamatan Angkona, Rabu (20/10/2021).

Kehadiran Bupati sebagai wujud perhatian dan dukungan Pemkab Luwu Timur kepada masyarakat yang melaksanakan upacara agama, serta implementasi dari salah satu prioritas pembangunan di Luwu Timur yakni memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana ibadah, memelihara kerukunan antar dan intra ummat beragama, dan memelihara situasi kondusif bagi penghayatan dan pengamalan nilai dan norma agama.

Kehadiran Bupati yang didampingi Anggota DPRD Luwu Timur, I Wayan Suparta, Kadis PUPR, Sahmuddin, disambut Camat Angkona, I Ketut Riawan Budiarta dan Kepala Desa Taripa, I Nyoman Purnawirawan, Pandita, Tokoh masyarakat dan Tokoh adat.

Pada kesempatan tersebut Bupati Luwu Timur H Budiman dalam sambutannya menyampaikan pujian atas semangat kebersamaan umat Hindu dalam menjaga tradisi keagamaaan di Luwu Timur.

Inilah Luwu Timur, daerah yang sangat majemuk. Sebagai pelayan masyarakat tentu kebutuhan umat beragama selalu kita dukung selama diberikan amanah, Terima kasih atas dukungannya kepada Pemerintah,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula Budiman juga memaparkan program Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yakni akan menyalurkan bantuan keuangan 1 miliar perdesa diluar Dana Desa (DD). Itu artinya ada dana sekitar Rp 2 miliar yang ada di Desa.

Bantuan keuangan itu nantinya diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur Desa dan sarana kebutuhan prioritas lainnya di Desa. Saya juga berharap kedepan bedah rumah tidak lagi melalui OPD tapi langsung melalui Pemerintah Desa,” jelas Budiman

Terkait program disektor keagamaan, Budiman mengatakan akan terus berlanjut seperti bantuan hibah untuk rumah ibadah dan program wisata religi masih dilanjutkan.

Terkait program kesehatan pelayanan rumah sakit 1 pasien 1 kamar ini sementara dikerjakan di RSUD Lagaligo Wotu begitu pun dengan beasiswa masih dilanjutkan.

Budiman juga mengingatkan untuk menjaga suasana kondisi daerah yang kondusif mengingat daerah ini sangat majemuk apalagi tidak lama lagi ada pemilihan kepala desa serentak terkhusus di Kecamatan Angkona Desa Taripa agar tetap senantiasa menjaga keamanan, ketertiban, kondusif dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan sampai hal-hal ini mencederai perjalanan demokratis kita dan menjadi luka bagi daerah tempat pemilihan berlangsung. Jemputlah takdirnya dengan sportif sesuai harapan kita bersama,”ujarnya.

Momen kesempatan ini saya harapkan dapat meningkatkan kebersamaan kita semua. Kalau ada kekurangan dan kelemahan mari kita saling mengingatkan, mari kita menjaga kekompakan dan persaudaraan antar ummat beragama khususnya ummat Hindu. Rasa nyaman dan aman inilah yang dibutuhkan masyarakat. Termasuk pemerintah untuk menjalankan program nantinya,” pungkas Budiman.

Terakhir Atas nama Pemerintah saya mengucapkan selamat merayakan Piodalan bagi umat yang merayakan. Semoga momen ini meningkatkan kualitas keimanan kita semua,” tutup Budiman. (is/hms)

luwutimur

lutim

luwutimurinspiring

lutiminspiring

berkelanjutandanlebihmaju

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT