Bupati Luwu Timur Hadiri Panen Raya Lokal Penangkaran Benih Padi di BPP Wotu

BERITALUTIM.COM – Bupati Luwu Timur, Budiman, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Amrullah, turut hadir dalam kegiatan Panen Raya Lokal Penangkaran Benih Padi yang diselenggarakan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Wotu Desa Cendana Hijau pada Rabu (22/11/2023).

Dalam sambutannya, H. Budiman menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui DPKP telah melakukan sejumlah upaya untuk memenuhi kebutuhan benih unggul. Upaya tersebut antara lain pemanfaatan lahan BPP untuk penangkaran benih padi label putih (Benih Pokok), pembinaan kelompok penangkar benih, pengadaan benih padi, serta alokasi dana pada APBD Tahun Anggaran 2023 di UPTD Instalasi Kebun Benih (IKB) Tanaman Pangan untuk produksi benih.

“Penangkaran benih padi di lahan percontohan BPP Wotu bertujuan menuju mandiri benih padi dan meningkatkan produksi padi serta pendapatan petani. Dengan demikian, para petani di Luwu Timur tidak perlu lagi membeli benih dari luar daerah,” ungkap H. Budiman.

Bupati juga memberikan apresiasi terhadap kerjasama berbagai pihak yang telah mendukung program Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. Ia berharap kegiatan produksi benih dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat Luwu Timur.

“Saya mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam membangun Luwu Timur yang berkelanjutan dan maju. Kita dapat memanfaatkan lahan BPP untuk penangkaran benih lokal, sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan panen lahan penangkaran benih padi di BPP Wotu,” ujar H. Budiman.

“Saya berharap kegiatan produksi benih dapat berlangsung berkelanjutan dan terus ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa yang akan datang. Saya juga mendorong pengurus gapoktan dan kelompok tani untuk menggunakan benih dari penangkar lokal guna mendukung peningkatan produksi dan ekonomi masyarakat Luwu Timur,” tambahnya.

Kepala DPKP Luwu Timur, Amrullah, menyatakan optimisme terhadap kelancaran program ini. “Masyarakat Luwu Timur mayoritas mata pencahariannya berasal dari sektor perkebunan. Oleh karena itu, program pertanian menjadi salah satu prioritas untuk ditingkatkan. Varian yang ditanam adalah Inpari 50 marem, dan target produksi benih padi yang unggul diharapkan dapat melayani permintaan petani sebanyak 334 hektare di Luwu Timur,” ungkap Amrullah.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan unsur Forkopimda Luwu Timur, Anggota DPRD Luwu Timur, I Made Sariana, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Luwu Timur, Herbudiman Suandy, Camat Wotu, Hasis Dawi, Kepala Desa se Kecamatan Wotu, Koordinator BPP se Luwu Timur, PPL, POPT, Petani Penangkar Padi, Gapoktan, dan Kelompok Tani se Kecamatan Wotu, serta staf DPKP Luwu Timur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini