BREAKING NEWS

Bupati Luwu Timur Hadiri Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri

Kamis, 24 Maret 2022 | 12:26 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTM.COM- Bupati Luwu Timur, H. Budiman, didampingi Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli menghadiri Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri yang di selenggarakan di Ballroom Karangasem Grand Hotel Haytt Bali, Kamis (24/03/2022) Pagi.

    Kegiatan yang bertema “Business Matching Pengadaan Produk Dalam Negeri dan UMKM 2022″ ini menghadirkan sekitar 1.000 peserta yang berasal dari perwakilan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan industri serta para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), dan berlangsung pada 22-25 Maret 2022.

    Sebelumnya dalam acara tersebut, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan pentingnya Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD untuk menjalankan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

    Bussiness Matching merupakan forum sharing yang mempertemukan pemerintah daerah dengan produsen barang dalam negeri dengan maksud agar pemerintah daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daerah.

    Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang memastikan bahwa, kegiatan Business Matching tidak akan berhenti di Bali. Ini merupakan kick of komitmen, dimana seluruh Kementrian/Lembaga, BUMN dan Pemda sudah menandatangani komitmennya untuk belanja produk dalam negeri.

    Adapun target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah pada tahun 2022 adalah sebesar Rp. 400 Triliun.

    Dalam perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS), setiap Rp. 400 Triliun belanja pemerintah akan memberikan dampak positif sebesar 1,7 persen dari pertumbuhan ekonomi nasional.

    Dengan potensi belanja K/L, BUMN dan Pemda sekitar Rp. 1000 Triliun, Agus pun optimis bahwa target belanja pemerintah sebesar Rp. 400 Triliun akan tercapai pada 2022.

    “Jadi kami optimis dengan angka Rp. 400 Triliun yang sudah diperintahkan oleh Bapak Presiden bisa kita capai tahun ini melalui belanja produk-produk dalam negeri,” tutup Agus.

    Sementara itu, disela acara, Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyampaikan bahwa, Kabupaten Luwu Timur berkomitmen untuk mendukung arahan dan kebijakan nasional sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian, karena memang peningkatan penggunaan produk lokal akan sangat membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Luwu Timur dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas ekonomi.

    “Langkah selanjutnya Pemerintah Kabupaten Luwu Timur akan segera membentuk tim P3DN serta langkah-langkah yang harus dilakukan, serta optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dengan mengalokasikan APBD untuk belanja produk dalam negeri khususnya produk lokal Luwu Timur, sehingga produk lokal bisa tumbuh dan mampu bersaing dengan produk luar negeri,” jelas Budiman.

    Selain Sekda, turut hadir mendampingi Bupati Luwu Timur, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Senfry Oktavianus, Kepala Dinas PUPR, Sahmuddin, Direktur RSUD Lagaligo, dr. Benny, dan Kasubag ULP.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT