Bupati Luwu Timur Buka Coaching Clinic Peningkatan Implementasi AKIP

BERITALUTIM.COM – Bupati Luwu Timur, H. Budiman, membuka Coaching Clinic/Pendampingan Teknis Peningkatan Implementasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Pemerintah Kabupaten Lutim bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI Tahun 2024.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 16 hingga 17 Maret 2024, di Hotel Swiss Belinn Makassar. Acara tersebut menghadirkan 3 narasumber dari Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan KemenPAN-RB, yaitu Kamaruddin, AK., M.Sc., Canggih Hangga Wicaksono, S.ST., dan Afif Nur Wahid, A.Md.AK.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas implementasi AKIP guna mencapai kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi pada hasil, sehingga dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta nilai AKIP di masa yang akan datang.

Dalam arahannya, Bupati Luwu Timur mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terukur dalam SAKIP, merupakan bentuk perlindungan kepada masyarakat dan kewajiban bagi pemerintah.

Menurutnya, penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu strategi yang dilaksanakan dalam rangka mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, pemerintahan yang kapabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Budiman juga menekankan bahwa upaya menuju SAKIP berpredikat terbaik bukanlah hal yang mudah, melainkan memerlukan kebersamaan, keseriusan, komitmen, dan konsistensi yang berkelanjutan dari seluruh komponen perangkat daerah.

“Melalui kegiatan ini, sebagai bentuk komitmen kita semua, saya berharap kepada seluruh perangkat daerah untuk melakukan perbaikan sesuai dengan arahan dan petunjuk dari KemenPAN-RB dengan melihat rekomendasi sebagai rujukan untuk dilakukan perbaikan, serta tepat waktu dalam penyampaiannya,” ujar Budiman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini