Budiman Berharap Perahu Bala-Bala Bisa Kembali Diperlombakan pada HUT Lutim

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Lomba perahu tradisional “Bala-Bala” semarak pesta rakyat yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Bawalipu bersama HIGMIS (Himpunan Generasi Muda Islam Saluborro) yang bertempat di pelabuhan TPI Wotu, Kecamatan Wotu, resmi ditutup oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Minggu (02/10/2022) sore.
Turut hadir dalam penutupan lomba bala – bala, Kadis PMD, Halsen, Ketua KONI, M. Nur, Camat Wotu Iskandar Muda, Kapolsek Wotu, Syahrir, Kepala Desa, dan Tokoh Pemuda.
Lomba perahu tradisional Bala-Bala semarak pesta rakyat ini mengusung tema “Merajut Silaturahmi Melalui Kompetensi” diselenggarakan selama tiga hari.
Kepala Desa Bawalipu, Wahyuddin dalam laporannya menyampaikan bahwa, peserta yang mengikuti lomba bala – bala ini sekitar seratus peserta yang berasal dari tim lokal Kabupaten Luwu Timur dan tim dari luar Kabupaten Luwu Timur.
“Alhamdulillah kami sangat berterima kasih atas partisipasi semua stakholder, sehingga event kali ini mampu berjalan sukses, semua ini tidak terlepas atas dorongan semangat dan partisipasi seluruh elemen baik pihak pemerintah, pihak keamanan, TNI Polri, tim kesehatan, Bazarnas, sponsor, para tokoh dan seluruh masyarakat Luwu Timur, terkhusus warga kecamatan wotu,” ujar Kepala Desa Bawalipu.
“Tentunya kita berharap event atau kegiatan positif ini yang antusias masyarakat cukup tinggi menyaksikan jalannya lomba Bala Bala mampu dilestarikan menjadi kegiatan tahunan sebagai ajang silaturrahmi yang memberi dampak positif baik dari sosial, ekonomi, dan juga aspek wisata,” tutupnya.
Dalam sambutanya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengapresiasi atas semangat dan kerja keras panitia dan masyarakat untuk memeriahkan Lomba perahu tradisional Bala-Bala semarak pesta rakyat yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Bawalipu bersama HIGMIS untuk berpartisipasi mendukung upaya pengembangan sport wisata tourism.
Lomba ini, menurut Bupati, disamping merupakan ajang silaturahmi antar pengguna perahu bala-bala, juga patut dikembangkan sebagai salah satu potensi sport wisata yang bernuansa tradisional.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, saya mengucapkan selamat atas terlaksananya dengan sukses lomba perahu Bala-Bala ini, dibalik kesuksesan acara pasti ada orang-orang hebat di belakangnya,” ujar Bupati Luwu Timur.
“Saya mendukung penuh setiap ide kreatif dan gagasan masyarakat untuk melaksanakan event seperti ini yang sangat menarik, kita berharap di hari jadi Luwu Timur lomba perahu bala bala ini kembali digelar di wotu,” ujar Budiman.
“Kita patut bersyukur, Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang dapat menghawatirkan, kecelakaan serta tidak ada pula masalah hingga penutupan sampai saat ini,” kata Bupati.
“Sekali lagi selamat kepada pemenang lomba ini, dan untuk peserta yang belum berhasil juara, jangan berkecil hati, terus berlatih agar di lomba berikutnya dapat meraih juara,” kuncinya.
Pada kesempatan tersebut Budiman menyerahkan Hadiah berupa sepeda motor untuk pemenang juara satu di event bala-bala kali ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini