Bawaslu Luwu Timur: Indeks Kerawanan Pilkada 2024 Berada pada Kategori Sedang

BERITALUTIM.COM – Menjelang Pilkada 2024, Ketua Bawaslu Luwu Timur, Pawenari, menjelaskan bahwa secara keseluruhan Indeks Kerawanan Pilkada Luwu Timur berada pada angka sedang. Hal ini menunjukkan adanya beberapa potensi kerawanan yang perlu diantisipasi agar pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Konsep kerawanan dalam Pilkada 2024 oleh Bawaslu dirumuskan dalam empat dimensi utama. Keempat dimensi tersebut adalah yakni Dimensi Sosial Politik dimana Masuk kategori tinggi khusus untuk Luwu Timur, mengingat dinamika sosial dan politik yang kompleks di daerah ini, lalu Dimensi Penyelenggaraan Pemilihan Masuk kategori sedang, mencakup aspek teknis dan logistik pemilihan.

Kemudian Dimensi Kontestasi Masuk kategori sedang, meliputi persaingan antar kandidat dan partai politik, dan Dimensi Partisipasi Masuk kategori sedang, yang mencakup partisipasi pemilih dan keterlibatan masyarakat dalam proses pemilihan.

Untuk mengantisipasi potensi kerawanan tersebut, Bawaslu Luwu Timur telah melakukan imbauan dan sosialisasi secara masif kepada ASN dan TNI-Polri agar bersikap netral dalam Pilkada nanti. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan adil dan bebas dari intervensi.

“Selain itu, Bawaslu juga memastikan ketersediaan pengawas jajaran ad hoc untuk mengawasi jalannya Pilkada. Pengawasan yang ketat diharapkan dapat meminimalisir potensi kecurangan dan pelanggaran, serta menjamin integritas pemilihan,” kata Pawenari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini