Bawaslu Luwu Timur Identifikasi Kerawanan TPS Menjelang Pemilu

BERITALUTIM.COM – Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Luwu Timur, Sulkifli dalam acara media gathering yang dihelat pada Selasa (26/12/23), mengungkapkan hasil identifikasi kerawanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjelang Pemilihan Umum.

Menurut Sulkifli, sebagian besar kerawanan di TPS cenderung terkait dengan akses jaringan. Ia menyampaikan bahwa beberapa desa masih menghadapi keterbatasan akses internet. Oleh karena itu, Bawaslu Luwu Timur meminta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk intensif melakukan pengawasan terhadap hal ini.

“Hampir semua kerawanan TPS lebih mengarah pada akses jaringan. Meskipun sebagian besar wilayah sudah tercover, namun masih ada desa-desa yang menghadapi keterbatasan akses internet. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa pada saat pemungutan suara, petugas KPPS akan mengandalkan aplikasi,” ujar Sulkifli.

Sulkifli juga mengungkapkan dua isu utama terkait kerawanan TPS. Pertama, masalah jaringan internet yang tidak merata di seluruh wilayah. Kedua, lokasi TPS yang berdekatan dengan posko kemenangan partai politik.

“Kami sudah melakukan identifikasi terhadap dua isu utama, yakni jaringan internet dan lokasi TPS yang berdekatan dengan posko kemenangan partai politik. Pada tahap selanjutnya, kami akan bekerja sama dengan Panwascam untuk menangani permasalahan ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sulkifli menyebutkan bahwa pada tahap penetapan TPS, lokasi yang dekat dengan posko kemenangan akan dipindahkan demi memastikan proses pemungutan suara berlangsung dengan adil dan transparan.

Bawaslu Luwu Timur berkomitmen untuk mengatasi setiap potensi kerawanan sehingga Pemilu di wilayah ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil yang sah serta dapat dipertanggungjawabkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini