Bawaslu Lutim Buka Pendaftaran Panwaslu Kelurahan dan Desa, Segini Yang Akan Diterima

Luwu Timur – Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kelurahan dan Desa se Kabupaten Luwu Timur resmi dibuka.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rachman Atja, usai melaksanakan rapat internal persiapan pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa, di media center, Senin (09/01/23).

Rachman Atja mengatakan, Bawaslu RI telah mengeluarkan Keputusan Nomor: 5/KP.01/K1/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa pada Pemilu serentak 2024.

Berdasarkan pedoman tersebut, Pengumuman akan berlangusung pada sembilan hingga 13 Januari 2023 sedangkan Pendaftaran dan Penerimaan berkas akan dilakukan Panwaslu Kecamatan pada 14-19 Januari 2023.

“Sebanyak 128 Panwaslu Kelurahan/Desa akan diterima,” kata Rachman.

Rachman menjelasakan, Panwaslu Kelurahan/Desa yang akan diterima akan disesuaikan dengan jumlah Desa/Kelurahan yang ada di Luwu Timur yakni 128 Desa/Kelurahan.

“Jadi, masing-masing satu pengawas satu Desa,”jelasnya.

Untuk pengambilan formulir dan dokumen persyaratan lainnya, Rachman mengatakan, dapat mengunjungi Sekretariat Panwaslu Kecamatan di wilayahnya masing-masing.

Dalam hal ini, Rachman berharap agar seluruh putra-putri terbaik Luwu Timur ikut berpartisipasi menyukseskan Pemilu Serentak 2024, salah satunya menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilu.

Adapun persyaratan untuk mendaftar sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa diantarnya, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Lalu, bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan, Bersedia tidak menduduki jabatan politik, seperti jabatan di pemerintahan, badan usaha milik negara, atau badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih.

Selanjutnya, Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu, dan mendapatkan izin dari atasan langsung untuk mengikuti seleksi dan bekerja penuh waktu apabila terpilih.

Selain itu, untuk jadwal pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa pada Pemilu Serentak 2024, yakni untuk Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kelurahan Desa (09 hingga 13 Januari 2023).

Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (14 hingga 19 Januari 2023), Penelitian Kelengkapan Berkas Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (14 hingga 19 Januari 2023), Perbaikan berkas pendaftaran (20 hingga 22 Januari 2023).

Untuk Pengumuman Masa Perpanjangan Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (23 Januari 2023), Perpanjangan Masa Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (24 Januari hingga 26 Januari 2023), Penerimaan Berkas dan Penelitian Berkas administrasi pendaftaran masa perpanjangan (24 Januari hingga 26 Januari 2023).

Rapat Pleno Peserta lulus seleksi administrasi (27 Januari 2023), Pengumuman Hasil Peserta lulus administrasi calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (28 Januari 2023), Tanggapan dan Masukan dari Masyarakat (28 Januari hingga 5 Februari 2023), Pelaksanaan Tes Wawancara Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (31 Januari hingga 2 Februari 2023).

Dan Pleno Penetapan Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih (3 Februari 2023) , Pengumuman Panwaslu Kelurahan/Desa Terpilih (4 Februari 2023), Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa dan Pembekalan Panwaslu Kelurahan/Desa (5 hingga 6 Februari 2023).

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini