Bawaslu Kabupaten Lutim Mengajak Pramuka Berperan dalam Pengawasan Pemilu 2024

BERITALUTIM.COM – Bawaslu Kabupaten Luwu Timur mengajak organisasi Pramuka di wilayah tersebut untuk turut serta dalam pengawasan proses tahapan Pemilu 2024. Ajakan ini disampaikan melalui kegiatan ‘Kemah Pengawasan Pemilu Partisipatif’ bersama Pramuka Luwu Timur, yang berlangsung selama dua hari, yakni 25-27 Desember 2023 di Landmark Luwu Timur.

Sulkifli, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Luwu Timur, menyatakan setiap warga negara memiliki kewajiban untuk mengawasi jalannya proses demokrasi, terutama dalam Pemilu.

Dengan Pemilu yang akan segera dilaksanakan pada Februari 2024, Sulkifli mengungkapkan keyakinannya bahwa para anggota Pramuka sudah matang dan siap untuk menghadapi berbagai permasalahan terkait Pemilu.

Sulkifli berharap agar anggota Pramuka dapat aktif berpartisipasi dan berperan membantu Bawaslu dalam tugas pengawasan. “Kami meminta peran sertanya untuk mengawasi. Mengapa adik-adik dilibatkan? Agar demokrasi yang berlangsung dapat menjadi luber, jujur, dan adil (Luber Jurdil), sehingga Pemilu dapat berlangsung dengan aman dan damai,” ucap Sulkifli di hadapan peserta kemah.

Selain itu, pada hari pemungutan suara, Sulkifli berharap agar anggota Pramuka tidak hanya datang, memberikan suara, dan pergi. Ia mengajak mereka untuk datang, memberikan suara, dan kemudian melakukan pengawasan, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan lebih transparan dan adil.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Luwu Timur, Batman, turut memberikan edukasi kepada peserta kemah pengawasan mengenai peran anggota Pramuka dalam mensukseskan Pemilu.

Batman menekankan pentingnya partisipasi aktif Pramuka sebagai pionir dan mengingatkan agar tidak ada yang golput. Ia berharap agar seluruh anggota Pramuka menggunakan hak suaranya dan bersama-sama dengan Bawaslu, menjaga keadilan Pemilu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini