Asisten Pemerintahan Hadiri Sosialisasi dan Evaluasi Tahapan Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2024

BERITALUTIM.COM – Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Luwu Timur, Aini Endis Anrika mewakili Bupati Lutim, menghadiri Sosialisasi dan Evaluasi Tahapan Penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh KPU Lutim, di Ballroom Hotel I Lagaligo Lantai Tiga, Selasa (21/03/2023) kemarin.
Hadir Ketua KPU Lutim beserta jajaran, Ketua Bawaslu beserta jajaran, unsur Forkopimda, Kepala Kesbangpol, Kabag Pemerintahan Setdakab Lutim, para Camat, Pimpinan Partai Politik, tokoh masyarakat, agama dan pemuda.
Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Anrika menyampaikan, peran pemerintah daerah dalam Pemilu adalah memfasilitasi penyelenggara agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.
“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lutim, saya menyambut baik dilakukannya Sosialisasi dan Evaluasi Tahapan penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi oleh KPUD Lutim yang sesuai dengan regulasi dari undang-undang, Peraturan KPU No. 6 Tahun 2022 Tentang Tahapan Pemilu,” kata Endis.
Menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk diselenggarakan sebagai tahapan Persiapan Pemilu. Karena aturan inilah yang akan dipedomani dalam penyelenggaraan Pemilu di tahun 2024.
“Penyusunan daerah pemilihan ini, juga menjadi salah satu tahapan yang penting di awal proses penyelenggaraan pemilihan umum. Hal ini dimaksudkan agar dari awal kelompok-kelompok politik peserta pemilu menyadari betul akan dampak perubahannya dan konsekuensinya,” tandasnya.
Selain itu, penyusunan dapil ini juga bertujuan untuk memastikan prinsip keterwakilan yang dilakukan melalui proses pemilihan umum sesuai dengan prinsip pemilu yang jujur, adil, proporsional, dan demokratis.
“Sehingga hasil pertemuan pada hari ini betul-betul dapat tersosialisasi dengan baik kepada seluruh stakeholder yang berkaitan dengan kepentingan pemilu, dan Kepada KPU dalam melaksanakan tahapan demi tahapan tetap ikuti regulasi yang ada, dan tidak ada kepentingan dalam hal penetapan dapil dan alokasi kursi ini,” harapnya.
Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa termasuk aparat keamanan agar berperan aktif mendukung tugas-tugas penyelenggara pemilu.
“Mari bersama-sama kita sukseskan agenda Pemilu Serentak Tahun 2024 dengan saling bersinergi antara pemerintah daerah, Aparat Kepolisian dan TNI serta seluruh penyelenggara pemilu. Buktikan bahwa Pemilu Serentak di Luti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini