Anggota DPRD Luwu Timur Mendorong Responsifitas Terhadap Kondisi Cuaca Ekstrim

BERITALUTIM.COM – Kondisi cuaca ekstrim menjadi perhatian serius bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur, Badawi Alwi. Ia menekankan bahwa responsifitas terhadap bencana sangat penting agar warga yang terkena dampak dapat segera mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

“Laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Luwu Raya, khususnya Luwu Timur, sering kali melaporkan hujan lebat. Hal ini mengindikasikan bahwa kita semua harus waspada terhadap potensi bencana banjir dan tanah longsor,” ujar Badawi pada Rabu (21/2/2024).

Badawi menekankan pentingnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur sebagai garda terdepan dalam penanganan bencana. Menurutnya, BPBD harus responsif dan proaktif dalam menghadapi kondisi cuaca ekstrim.

“Saya berharap BPBD dapat menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana. Mereka tidak boleh hanya menunggu laporan, tapi harus proaktif dalam menanggapi situasi,” tambahnya.

Selain itu, Badawi juga berharap BPBD Luwu Timur telah mengidentifikasi lokasi-lokasi yang rawan terjadi bencana, sehingga mereka dapat siap tanggap saat bencana terjadi. Luwu Timur termasuk wilayah yang rawan terhadap bencana seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

“Dalam satu pekan terakhir, personil BPBD Luwu Timur telah sibuk merespons bencana banjir, pohon tumbang akibat angin kencang, dan hujan deras. Responsifitas mereka sangat diapresiasi,” tandas Badawi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini