Anak 6 Tahun Digigit Ular Piton di Dusun Balo-Balo, Desa Balo – Balo, Kecamatan Wotu, Luwu Timur

ilustrasi.net

BERITALUTIM.COM – Sebuah peristiwa tragis terjadi di Dusun Balo-Balo, Desa Balo – Balo, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, pada Sabtu, 13 April 2024, sekitar pukul 07.30 Wita. Seorang anak mengalami serangan dari ular piton dengan panjang mencapai 3 meter.

Menurut penjelasan dari Kasubsi PIDM Si Humas Polres Lutim, Bripka Muh Taufik, korban bernama Ijas Murtasa Ahmad, berusia 6 tahun, seorang pelajar, menjadi korban dalam kejadian ini. Musriadi, paman korban yang juga menjabat sebagai Sekdes Mabonta, menjadi saksi peristiwa tersebut.

“Pukul 07.00 Wita, korban sedang bermain di depan gardu penjualan Bensin Botolan ketika ular piton tiba-tiba melilit kaki dan menggigit betis kanannya. Teriakan korban membangunkan Musriadi yang segera menyelamatkan korban dengan menangkap dan melepaskan lilitan ular dari tubuh korban,” kata Bripka Muh Taufik.

Setelah mendapat pertolongan pertama, korban segera dilarikan ke Puskesmas Wotu pada pukul 08.00 Wita untuk mendapatkan perawatan medis. Berkat tanggap cepat dan perawatan yang baik, korban berhasil pulih dan diperbolehkan pulang ke rumahnya di Dusun Balo-Balo pada pukul 09.00 Wita dalam keadaan sadar dan sehat.

“Dari analisis situasi, Desa Balo-Balo Kecamatan Wotu dikenal sebagai daerah dataran rendah yang sering mengalami banjir dari sungai maupun air laut. Selain itu, dekat dengan area perumahan warga, terdapat perkebunan sawit, empang/tambak, dan semak-semak, yang menjadi habitat potensial bagi ular,” jelas Bripka Muh Taufik.

Prediksi menunjukkan bahwa kurangnya perhatian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di sekitar rumah dapat menjadi pemicu serangan hewan berbisa seperti ular piton.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini