Berita Lutim

Kabar Terbaru Luwu Timur dan Sekitarnya

Tim Kuasa Hukum Ibas-Puspa Desak Bawaslu Perketat Pengawasan ASN di Pilkada 2024

BERITALUTIM.COM – Tim kuasa hukum dari pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Irwan Bachri Syam (Ibas) dan Puspawati Husler (Puspa), mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur untuk lebih tegas dalam mengawasi pergerakan Aparatur Sipil Negara (ASN) selama masa Pilkada 2024.

Desakan ini muncul terkait dugaan keterlibatan ASN dalam kegiatan politik, khususnya saat pendaftaran dan deklarasi pasangan bakal calon di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Andi Sukarno, selaku tim kuasa hukum Ibas-Puspa, menegaskan pentingnya langkah tegas dari Bawaslu dalam menindak ASN yang diduga melanggar aturan netralitas.

“Kami meminta Bawaslu untuk segera menanggapi dan mengambil tindakan tegas terhadap ASN yang terlibat dalam kegiatan politik, yang menurut kami tidak sesuai dengan aturan netralitas ASN,” ujar Andi Sukarno.

Menanggapi hal ini, Sukmawati Suaib, anggota Bawaslu Kabupaten Luwu Timur, menyatakan bahwa pihaknya siap menindak tegas ASN yang terbukti terlibat dalam deklarasi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Jika ditemukan adanya keterlibatan ASN dalam deklarasi pasangan calon, Bawaslu akan mengambil tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Sukmawati pada Senin, 26 Agustus 2024.

Sukmawati juga menjelaskan bahwa Bawaslu telah mengambil langkah pencegahan dengan mengimbau seluruh ASN di Luwu Timur untuk menjaga netralitas mereka selama masa Pilkada. “Imbauan ini diberikan agar ASN tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis, demi menjaga integritas proses Pilkada,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini