BREAKING NEWS

Satu-satunya di Sulsel, Lutim Sukses Raih Predikat Kabupaten Peduli HAM Keempat Kali

Senin, 14 Desember 2020 | 17:54 WITA
BeritaLutim.com

MALILI, BERITALUTIM.COM- Kabupaten Luwu Timur (Lutim) kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan yang diserahkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah dan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, Bahri Suli, pada rangkaian Peringatan Hari HAM Sedunia ke-72 Tahun 2020, Senin (14/12/2020) di Hotel Claro, Makassar.

Penghargaan melalui Surat Keputusan No : M.HH-04.HA.04.03 Tahun 2020 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Perduli HAM Pada Tahun 2019 ditandatangani Yasonna H. Laoly hari ini Senin 7 Desember 2020. Kriteria penghargaan yang diberikan oleh Kemenkumham dibagi menjadi tiga kriteria, yakni Peduli HAM, Cukup Peduli HAM, dan Kurang Peduli HAM. Selain itu ada beberapa indikator yang menjadi penilaian.

Dengan penghargaan ini menjadikan Luwu Timur sebagai satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang menerima penghargaan dengan Predikat Kabupaten Peduli HAM secara berturut turut sejak 2017.

“Tahun ini kita mampu mempertahankan status sebagai Kabupaten Peduli HAM, ini berarti sudah keempat kalinya secara berturut turut Kabupaten Luwu Timur dinobatkan sebagai kabupaten Peduli HAM oleh Kemenkum dan HAM dengan predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM,” ucap Sekda, Bahri Suli.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan penghargaan yang diberikan atas upaya dan keberhasilan kabupaten atau kota dalam pemenuhan dan pelayanan publik yang merupakan bagian dari hak hak dasar warga dan masyarakat diwilayahnya masing masing.

Hadir secara khusus melalui virtual Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo memberikan Sambutan pada Peringatan Hari HAM Sedunia ke-72.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodomenyampaikan bahwa kita mempunyai komitmen yang sama bahwa penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM menjadi pilar penting bagi Indonesia untuk menjadi Bangsa yang lebih beradap, lebih tangguh dan lebih maju. Komitmen kuat Pemerintah dalam penegakan HAM telah dituangkan dalam rencana aksi Nasional HAM 2020-2025.

“Hak Sipil, hak politik serta hak ekonomi dan sosial serta budaya harus dilindungi secara berimbang dan tidak ada satupun yang terabaikan,” tutur Presiden Jokowi.

Di Sulawesi Selatan, selain Kabupaten Luwu Timur ada 13 Kabupaten/kota lainnya menerima penghargaan serupa sementara untuk skala Nasional, dari 514 Kabupaten/kota hanya 259 Kabupaten/Kota dari yang menerima penghargaan peduli HAM.

Pada rangkaian Hari HAM Sedunia kw 72, yang bertemakan “Recover Better – Stand Up for Human Rights” selain Gubenur Sulsel turut hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Harun Sulianto, Para bupati/walikota yang menerima penghargaan beserta undangan lainnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT