BREAKING NEWS

Pemkab dan PA Malili Serahkan Dokumen 3 in 1 Bagi Warga Berperkara Perceraian

Rabu, 17 Maret 2021 | 10:15 WITA
BeritaLutim.com

MALILI, BERITALUTIM.COM- Untuk menindak lanjuti Momerandum of Understanding (Mou) yang ditandatangani oleh Bupati Luwu Timur dan Ketua Pengadilan Agama (PA) Malili beberapa waktu lalu serta Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait layanan dokumen kependudukan 3 in 1.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur bersama PA Malili menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan 3 in 1 mencakup Akta Perceraian, Kartu Keluarga dan KTP-el, kepada warga Luwu Timur yang berperkara oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Malili, Muhammad Arif, S.Hi dan Sekretaris Disdukcapil Luwu Timur, Agus Thobrani, diruang sidang kantor PA Malili, Rabu (17/03/2021).

Sekretaris Disdukcapil, Agus Thobrani menjelaskan, kerjasama ini merupakan bentuk inovasi dalam mempercepat pelayanan bagi warga yang berperkara proses perceraian khususnya penduduk muslim dan telah memiliki kekuatan hukum tetap akan langsung mendapat 3 dokumen sekaligus, yakni Akta Perceraian, KK dan KTP-el dengan status cerai tercatat.

“Sebelum ada MoU, kita tahu masih parsial, ketika akta cerai terbit ya sampai disitu saja, belum tuntas. Makanya dengan kerjasama ini, untuk memberi layanan tuntas, dan kami berharap layanan ini dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan,” terang Agus.

Mantan Kepala Bidang Aptika Diskominfo Luwu Timur ini juga mengatakan bahwa dalam pengurusan administrasi tersebut tidak dikenakan biaya alias semuanya gratis.

“Seluruhnya gratis tanpa biaya dan semuanya ditangani dinas teknis. Sehingga upgrading data di Dinas kami juga akan diperbaharui perihal administrasi Kewarganegaraan sesuai statusnya,” kuncinya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT