BREAKING NEWS

Pemda Luwu Timur Fokus Kembangkan Destinasin Wisata Danau Matano

Sabtu, 21 September 2019 | 21:21 WITA
BeritaLutim.com

BERITALUTIM.COM,MALILI — Pemerintah Daerah Luwu Timur bersama Pemerintah Desa fokus untuk mengembangkan daerah Sorowako khusus danau matano sebagai salah satu destinasi wisata.

Sekertaris Daerah Luwu Timur Bahri Suli dalam rilisnya menjelaskan Danau matano ini sangat indah dan potensial untuk dikembangkan. 

Karena pada dasarnya, danau matano memiliki berbagai jenis ikan purba yang endemik dan hidup bebas di alam.

Salah satunya ikan opudi dan buttini. Jenis ikan buttini ini habitatnya berada didasar danau dengan ciri khas mata yang sedikit menonjol keluar.

“Danau Matano merupakan sebuah danau purba (danau tua) yang terbentuk dari aktivitas tektonik alias pergeseran lempeng,” papar Bahri.

Untuk diketahui, ukuran danau matano sendiri terdiri daei panjang 28 kilometer dan lebar 8 kilometer dengan kedalaman 590 meter.

Sementara permukaan air danau berada pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut, sehingga tercatat sebagai danau terdalam di Indonesia, terdalam ke-3 di Asia dan terdalam ke-10 di dunia.

Bahkan, Danau Matano menyandang predikat danau terdalam di indonesia. Worldatlas.com menempatkan Danau Matano sebagai danau terdalam ke-12 di dunia. (*)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT