BREAKING NEWS

Pembekalan Kepemimpinan, Bupati Luwu Timur dibekali Materi Pencegahan Korupsi

Kamis, 16 September 2021 | 06:52 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM-Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Kementerian Dalam Negeri yang di khususkan bagi Kepala Daerah masih terus berlangsung dan telah memasuki hari ke empat. Bupati Luwu Timur, H Budiman selaku peserta pembekalan kembali mengikuti materi secara virtual di Rumah Dinas Bupati, Kamis (16/09/2021).

Materi pertama di pimpin Ketua KPK RI, Drs Firli, M.Si dengan materi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Pada materi pertama ini Bupati didampingi Sekretaris Daerah, H Bahri Suli, Sekretaris Inspektorat, Alamsyah dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Muhammad Rizki Alamsyah.

Dalam materinya, Ketua KPK RI mengatakan korupsi bukan hanya kejahatan yang merugikan keuangan negara, bukan saja merugikan perekonomian negara tapi korupsi merupakan kejahatan merampas hak-hak rakyat dan hak asasi manusia. Negara gagal mewujudkan tujuan negara, akibat korupsi.

Lanjur Firli, ada beberapa titik rawan korupsi yang harus diwaspadai diantaranya terkait promosi jabatan, pengadaan barang dan jasa, sumbangan pihak ketiga, refocusing dan relokasi anggaran Covid-19, pemulihan ekonomi nasional hingga pengesahan RAPBD dan LKPJ Kepala Daerah.

“dengan memahami titik rawan korupsi, saya berharap tidak ada lagi Kepala Daerah yang tersangkut kasus korupsi kedepannya” kata Firli.

Setelah materi KPK, Pembekalan Kepemimpinan dilanjutkan dengan materi dari Staf Khusus Mendagri Bpk. Dr. Kastorius Sinaga terkait Hubungan Kepala Daerah dan DPRD. Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Sekretaris Dewan, Rapiuddin Thahir. Selanjutnya materi terkait Best Practice Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah oleh Mantan Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si.

Materi terakhir pada pembekalan kepemimpinan hari ini terkait Peran Strategis Kemendagri dalam Penanggulangan Bencana Daerah oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Bpk. Dr. Safrizal ZA, M.Si. (hr/hms).

luwutimur

lutim

luwutimurinspiring

lutiminspiring

berkelanjutandanlebihmaju

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT