BREAKING NEWS

Peduli Zakat, Pemkab Luwu Timur Terima Penghargaan dari Baznas

Rabu, 16 Desember 2020 | 14:01 WITA
BeritaLutim.com

MALILI, BERITALUTIM.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Luwu Timur atas dukungan dan kerjasama selama tahun 2020 untuk kebangkitan zakat di Kabupaten Luwu Timur. Penghargaan diserahkan Ketua Baznas Luwu Timur, Abdul Salam Nur, kepada Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, Rabu (16/12/2020).

Selain Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, penghargaan secara khusus juga diberikan Baznas kepada Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Kepala Desa Lestari dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Desa Lestari Kecamatan Tomoni.

Penghargaan itu diserahkan bertepatan dengan acara rapat kerja rencana anggaran tahunan (RKAT) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021. Rapat kerja ini mengangkat tema “Sinergi Bersama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Menuju Luwu Timur Sadar Zakat 2021”.

Wakil bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam dalam sambutannya mengatakan, potensi zakat di Kabupaten Luwu Timur cukup besar dan bisa mencapai 100 milyar pertahun sesuai target Baznas. Menurut Irwan, sinergitas antara Pemerintah daerah dan Baznas harus berjalan dengan baik agar target potensi zakat ini bisa lebih optimal.

Dengan sinergi yang baik, kata Irwan, tentu hasil dari pengelolaan zakat ini bisa dimanfaatkan masyarakat. Itu artinya, bantuan yang diharapkan masyarakat, tidak hanya datang dari Pemerintah daerah saja tapi juga bisa bersumber dari Baznas.

“Harapan kita semua kemandirian bisa tercipta dari bantuan zakat ini,” jelasnya.

Orang nomor dua di Luwu Timur ini juga mengingatkan kepada seluruh pengurus Baznas agar bantuan modal usaha yang diserahkan Baznas harus disertai dengan pendampingan oleh tim agar pengelolaan dana bantuan itu tepat sasaran.

“Salah satu potensi besar zakat bisa di optimalkan melalui sektor pertanian. Kalau ini maksimal zakatnya, tentu masyarakat akan mendapatkan manfaat. Salah satunya mendukung sektor pertanian melalui berbagai bantuan,” tambahnya.

Kegiatan RKAT ini juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Luwu Timur, Muhammad Nur Khalik, Kepala OPD, Kepala Desa, KUA, UPZ dan Pimpinan Bank Se Kabupaten Luwu Timur.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT