BREAKING NEWS

Lima Ranperda Disejutui Pemkab dan DPRD Luwu Timur

Senin, 22 Maret 2021 | 17:58 WITA
BeritaLutim.com

MALILI, BERITALUTIM.COM- Mewakili Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur, Budiman, Sekertaris Daerah (Sekda) Bahri Suli menyampaikan pendapat akhir Bupati Luwu Timur terhadap 5 (Lima) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Luwu Timur pada sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Timur, Senin (22/03/2021).

Sidang Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD, HM. Siddiq BM didampingi Wakil Ketua II DPRD, H. Usman Sadik serta dihadiri anggota DPRD Luwu Timur, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pimpinan Orgnisasi Perangkat Daerah (OPD) Luwu Timur.

Sekda, Bahri Suli dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerjasama dan koordinasi yang baik sehingga ke lima Ranperda dapat diselesaikan sesuai dengan harapan kita semua,” ucap Bahri Suli

Lanjut Bahri, dengan selesainya Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah ini yang dilakukan oleh Tim Pansus dan Tim Penyusun Ranperda Pemerintah Daerah, sehingga dapat merumuskan suatu produk hukum yang diharapkan untuk menjadi landasan dan pedoman bagi semua yang terkait.

“Perkenankanlah saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur yang dengan sungguh-sunguh tanpa mengenal lelah melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah ini,” jelas Bahri.

Ia menambahkan, bahwa selama dalam proses pembahasan terkadang muncul berbagai pandangan, masukan dan saran, baik yang konstruktif, maupun yang memunculkan terjadinya perbedaan pendapat. Hal tersebut merupakan cerminan dinamika berdemokrasi demi terciptanya rumusan Peraturan Daerah yang baik dan dapat mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Luwu Timur.

“Setelah Perda ini diundangkan saya berharap kepada Perangkat Daerah pengusul atau yang terkait untuk segera menyusun peraturan pelaksanaan dari Perda ini sehingga hal-hal teknis dapat dilaksanakan, tentunya selama tidak
bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Kita semua berharap agar Peraturan Daerah ini nantinya berdampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Luwu Timur,” tutup Bahri.

Sidang paripurna tersebut ditutup dengan penandatanganan persetujuan bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah merupakan cerminan dari hubungan kemitraan antara DPRD dan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan Peraturan Daerah yang baik dan berkualitas, dalam rangka penataan Pemerintahan Daerah. Sidang Paripurna persetujuan bersama dan pendapat akhir kepala daerah terhadap lima Ranperda dirangkaikan laporan Reses perseorangan dan laporan Pansus DPRD.

Untuk diketahui 5 (Lima) Ranperda yang disetujui yakni :

  1. Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021-2026.
  2. Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, Perdesaan dan Perkotaan.
  3. Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 tentang Retribusi Pelayanan Kepelabuhanan.
  4. Ranperda tentang Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya.
  5. Ranperda tentang Perlindungan
    Perempuan Terhadap Kekerasan.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT