BREAKING NEWS

KPU Luwu Timur Gelar Rakor Persiapan Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Rabu, 2 September 2020 | 19:34 WITA
BeritaLutim.com

MALILI, BERITALUTIM.COM- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Timur menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, di Kantor KPU Jl. Soekarno – Hatta KM. 02 Puncak Indah, Malili, Rabu (2/9).

Rakor tersebut diselenggarakan dalam rangka persiapan pendaftaran bakal pasangan calon pada tanggal 4 – 6 September 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Luwu Timur, Zainal menjelaskan, tujuan rakor untuk membahas persiapan teknis jelang pendaftaran bakal pasangan calon yang akan dimulai hari Jumat ini.

“Jadi rakor bertujuan untuk membahas kesiapan teknis pada saat proses pendaftaran bakal pasangan calon berlangsung, tentang siapa yang berhak masuk, berapa jumlahnya, bagaimana mekanismenya semua itu yang akan kita bahas secara bersama ditempat ini,” ucapnya.

Terkait syarat pencalonan dan syarat calon Zainal menjelaskan, agar setiap bakal pasangan calon betul-betul memperhatikan hal tersebut. Adapun persyaratan Pencalonan yang harus dipenuhi bagi partai politik atau gabungan partai politik yang ingin mendaftarakan calonnya, yaitu wajib memperoleh paling sedikit 20% dari 30 kursi DPRD dan juga memperoleh paling sedikit 25% akumulasi perolehan suara sah partai politik dalam Pemilu 2019 dengan total 152.935 suara.

Selain itu, mekanisme penerimaan berkas dan jumlah orang yang terlibat pada saat pendaftaran, lanjut Zainal, untuk didalam kantor, berjumlah 2 orang masing-masing partai politik pengusul 2 orang L.O, 2 orang Tim Kampanye, Bapaslon 2 orang dan pasangannya, 2 orang Bawaslu, 2 orang tokoh masyarakat, serta 1 orang media dari masing-masing Paslon. Sedangkan untuk diluar kantor, 50 orang pendukung dari masing-masing calon, satgas Covid-19 1 orang sebagai tim pemeriksa kesehatan.

Ia juga menjelaskan perihal mekanisme penerimaan dokumen bakal pasangan calon dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi Bapaslon beserta rombongan yang datang terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun serta diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan, setelah itu, dokumen yang diserahkan harus dibungkus dengan plastik kedap air lalu disemprot dengan cairan desinfektan, didalam ruangan peserta diwajibkan menjaga jarak minimal 1 meter sampai pada proses pendaftaran selesai” Tutup Zainal.

Untuk diketahui dalam rapat koordinasi teesebut dihadiri, perwakilan dari Pemerintah Daerah, Polres Luwu Timur, Kejaksaan Luwu Timur, Pengadilan Luwu Timur, DPRD Luwu Timur, Tim Satgas Covid-19 Luwu Timur, Disdukcapil Luwu Timur, pimpinan parpol, L.O, dan Bawaslu Kabupaten Luwu TImur.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT