BREAKING NEWS

Ketua DPW APKASINDO dan Bupati Apreasiasi Tanam Perdana KJSU Carya Anugrah Tani Tercepat di Indonesia

Selasa, 15 September 2020 | 06:09 WITA
BeritaLutim.com

MALILI, BERITALUTIM.COM- Koperasi Jasa Serba Usaha (KJSU) Carya Anugrah Tani (Caryata) sukses melakukan penanaman perdana dalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Penanaman perdana ini dilaksanakan di Dusun Beringin, Desa Tawakua, Kecamatan Angkona, Kabupaten Luwu Timur, Selasa (15/9).

Tanam perdana KJSU Carya Anugrah Tani dalam Program PSR ini merupakan tanam perdana tercepat di Indonesia, terhitung baru seminggu dana PSR dicairkan proses tanam perdana lansgung dilaksanakan.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Sulawesi Selatan (H. Badar) dihadapan seluruh undangan tanam perdana dan pengurus KJSU Carya Anugrah Tani.

“Tanam perdana ini paling tercepat di Indonesia, bayangkan saja baru satu minggu dananya dicairkan dari BPDPKS pengurus langsung melakukan tanam perdana, dengan progres ini harusnya tanam  perdana paling cepat dilakukan pada bulan September tahun 2021 mendatang tapi karena pengurus koperasi yang betul-betul serius menangani sehingga bisa secepat ini” Ungkap H. Badar didampingi Ketua APKASINDO Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur.

H. Badar juga mengatakan bahwa, bibit yang akan ditanam merupakan bibit unggul yang sudah tersertifikasi, Sembilan bulan pasca tanam sudah mengeluarkan bunga.

“Di Luwu Utara bibit yang sudah ditanam Sembilan bulan lalu itu sudah banyak bunga yang keluar, ini menandakan bahwa bibit yang akan ditanam ini adalah bibit unggul dan sudah tersertifikasi” Kata H. Badar.

Selain ketua DPW APKASINDO, apresiasi juga disampaikan langsung Bupati Luwu Timur Ir. H. Muh. Thorig Husler dalam sambutannya sebelum melakukan penanaman perdana dilokasi yang telah disiapkan.

“Suatu kebahagiaan berada ditengah-tengah kita semua untuk melaksanakan tanam perdana kelapa sawit KJSU Carya Anugrah Tani, semoga program ini berjalan dengan baik dan mensejahterakan para petani kelapa sawit, atas nama pemerintah sangat mengapresiasi program yang sudah berjalan ini” Sambut Husler.

Dalam kesempatan itu juga ketua KJSU Carya Anugrah Tani (Mistianto) dalam laporannya menyampaikan bahwa, KJSU Carya Angurah Tani baru berusia 4 bulan, yang resmi terbentuk pada tanggal 16 Mei 2020.

Sampai hari ini tercatat sekitar 474 hektar lahan petani yang terakomodir melalui KJSU Carya Anugrah Tani, diantaranya untuk tahap I sebanyak 151,9 hektare, tahap II sebanyak 104,5 Hektar dan tahap III sebanyak 219,39 hektare.

Dimana lokasi ini berada di 7 Kecamatan diantaranya Kecamatan Mangkutana, Angkona, Nuha, Wasuponda, Burau, Wotu dan Kecamatan Tomoni, terbagi di 20 Desa.

Sementara untuk lokasi yang telah siap untuk dilakukan penanaman seluas 151, 56 hektare (tahap I) dengan jumlah bibit sebanyak 22.734 pohon plus pupuk. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT