BREAKING NEWS

Husler Desak Direktur RSUD I La Galigo Gunakan Mesin TCM Untuk Alat Swab Covid-19

Senin, 2 Maret 2020 | 15:40 WITA
BeritaLutim.com

BERITALUTIM.COM, MALILI — Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mendesak Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I La Galigo, dr Benny agar memfungsikan mesin Tes Cepat Molekuler untuk TBC (TCM-TB) sebagai alat Swab Covid -19.

Hal itu disampaikan Thorig Hulser menindaklanjuti hasil pertemuan Program TB yang diselenggarakan oleh dinas Propinsi Sulawesi Selatan di Makassar pada Februari lalu. Mesin TCM-TB ini, kata Husler, ternyata dapat digunakan untuk pemeriksaan Covid-19.

“Pada sosialisasi program TB, oleh dinas kesehatan menyampaikan kalau mesin TCM-TB dapat digunakan untuk Swab makanya saya desak Direktur agar menindaklanjutinya. Termasuk ijin operasionalnya,” kata Husler, Selasa (02/03/2020).

Sementara itu, Direktur RSUD I La Galigo, dr Benny yang dikonfirmasi awak media via telepon mengatakan, mesin TCM-TB sudah ada sejak tahun 2018 lalu. Mesin ini merupakan pembagian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk memeriksa pasien tuberculosis.

“Sementara kita upayakan dan seperti apa petunjuk penggunaannya dari Kemenkes nantinya, Pak Bupati terus mendesak saya agar memikirkan mesin TCM-TB untuk dapat digunakan sebagai alat Swab Covid-19,” ungkapnya. (*)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT