BREAKING NEWS

Dua Inovasi Lutim Tembus Top 30 Sulsel, Berpeluang Lolos Tingkat Nasional

Selasa, 5 April 2022 | 13:16 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Kabupaten Luwu Timur sukses meloloskan dua inovasinya pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022.
    Kedua inovasi tersebut masing-masing ; Martabak Berdasi “Mari rangkul Penderita Diabetes dan Hipertensi” yang digagas oleh Nurnia dari Puskesmas Nuha dan Inovasi Jendela Kita “Jemput Antar Dahak Dengan Langkah Kualitas Terjaga” oleh inovatornya, Usman, S.Kep, NS dari Puskesmas Angkona.
    Lolosnya kedua inovasi Kabupaten Luwu Timur ini tertuang dalam Surat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, nomor 060/3502/B.Organisasi tanggal 4 April 2022 tentang hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sulawesi Selatan tahun 2022, dimana dalam keputusan tersebut dua inovasi Luwu timur dinyatakan lolos dalam top 30 KIPP Sulsel bersama 29 Kabupaten/kota lainnya.
    Dalam surat tersebut, Sekretariat KIPP Sulsel juga menjelaskan beberapa hal ; Pertama, tim evaluasi telah melakukan penilaian terhadap proposal inovasi pelayanan publik yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 120 proposal dengan rincian, kelompok umum sebanyak 100 proposal dan 12 proposal untuk replikasi.
    Kedua, tim evaluasi atau panel bersama Sekretariat KIPP telah menetapkan TOP 30 inovasi pelayanan publik dan 8 inovasi replikasi. Setelah itu penetapan tersebut akan dilanjutkan dengan menetapkan dengan SK Gubernur.
    Selanjutnya, dalam Surat Sekretaris Daerah Nomor : 555-3/3-Org/8-oganisasi sebagai tindak lanjut dari hasil penilaian top 30 Inovasi Pelayanan Publik tersebut, para finalis KIPP akan menjalani coaching clinik oleh Biro Organisasi Prop. Sulsel dalam hal penulisan proposal terkait inovasi pelayanan publik dalam rangka KIPP tingkat Nasional tahun 2022.
    Coaching clinik akan diikuti oleh seluruh inovator didampingi Kabag Organisasi kabupaten/kota dengan membawa laptop dan draft proposal inovasi masing-masing yang telah disesuaikan dengan Kepmenpan RB Nomor 50 Tahun 2022. Coaching clinik tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 5 dan 7 April 2022 di Four points hotel By Sheraton, Makassar.
    Terkait lolosnya dua Inovasi Lutim ke top 30 Sulsel, Kabag Organisasi Setdakab Lutim, Hj. Asmah Sari menyampaikan selamat kepada para inovator dan tim pendamping inovasi daerah yang sudah bekerjasama dalam mempersiapkan inovasi ini.
    “Selamat buat inovator yang inovasinya lolos top 30. Ayo kita persiapkan diri untuk coaching dalam rangka  persiapan kompetisi ditingkat nasional, semoga bisa masuk top 45 sehingga bisa mengharumkan nama Luwu Timur,” kata Hj. Asmah Sari.
    Senada dengan itu, Kadis Kesehatan Lutim, dr. Hj. Rosmini Pandin, juga mengucapkan selamat buat yang lolos top 30, semoga bisa menjadi penyemangat bagi inovator yang juga bersiap untuk mengikuti kompetisi berikutnya.
    “Kepada inovasi yang belum lolos, saya berharap tetap semangat, semoga tahun berikutnya akan lahir  inovator-inovator yang lebih hebat lagi,” tandas Hj. Rosmini Pandin.
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT