BREAKING NEWS

Bupati Perintahkan OPD Libatkan PKK Terkait Program ke Masyarakat

Kamis, 16 Desember 2021 | 13:45 WITA
BeritaLutim.com

LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Dalam mengembangkan peran PKK sebagai salah satu komponen pendukung pembangunan daerah. Bupati Luwu Timur H Budiman di dampingi oleh Ketua TP PKK Luwu Timur Hj Sufriaty membuka Rakor Pengurus Tim Penggerak PKK dan Tim Pembina OPD Terkait dan Gerakan PKK Kabupaten Luwu Timur di Aula Rumah Jabatan, Kamis (16/12/2021).

Gerakan PKK merupakan bagian integral pemerintah memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan perberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Meski pemerintah daerah telah membentuk unit kerja yang secara khusus menangani pemberdayaan masyarakat dan perempuan, namun peran PKK dinilai masih dominan karena memiliki jaringan yang luas hingga ke tingkat yang paling bawah di desa, serta lebih memahami kondisi sosial ekonomi kelompok sasaran.

Pemerintah Daerah dan PKK membangun sinergitas, kolaborasi dan singkronisasi program, maka sudah selayaknya, OPD menggandeng PKK melaksanakan program-program kerja yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Bupati Luwu Timur H Budiman menyampaikan Rakor pada hari ini diharapkan mampu mendorong percepatan 10 program pokok PKK dalam memecahkan berbagai persoalan pemberdayaan keluarga, dengan tujuan akhir menjadi gerakan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“PKK juga diharapkan terus berinovasi mengingat persoalan-persoalan kemasyarakatan cenderung lebih luas dan semakin kompleks kedepannya”,ujarnya.

Lebih lanjut, Oleh karena itu rakor hari ini mudah-mudahan saja menjadi sarana konsolidasi organisasi guna menguatkan kapasitas dan kapabilitas kader, mematangkan rencana kerja, memperkokoh kerjasama dengan stakeholders, sekaligus berkontribusi terhadap penguatan visi Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang berkelanjutan dan lebih maju berlandas nilai agama dan budaya.

“saya juga berharap gerakan PKK tetap aktif mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), mencegah stunting, menata lingkungan, dan mengedukasi masyarakat khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan, termasuk ikut menyukseskan program vaksinasi yang ditergetkan sebesar 70 persen” ,tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Rakor di ikuti seluruh Tim Pembina OPD Terkait beserta Tim Penggerak PKK luwu Timur. (wi/hms)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT