BREAKING NEWS

Bupati Budiman Terima Tim Verlap Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Sulsel

Jumat, 25 Maret 2022 | 12:21 WITA
BeritaLutim.com
  • LUWU TIMUR, BERITALUTIM.COM- Bupati Luwu Timur, H. Budiman menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (verlap) Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan di Rumah Jabatan Bupati, Desa Puncak Indah Kecamatan Malili, Jumat (25/03/2022).
    Adapun Tim verlap yang hadir sebanyak tiga orang yakni Dr. Lukman Samboteng (Dosen Politeknik STIA LAN Makassar), Ahmar Jalil, M.Pd. (Kompak Sulsel) serta didampingi Reinard Alsius, S.STP dari Biro Organisasi.
    Pada kesempatan ini, Bupati didampingi Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Setdakab Luwu Timur, dr. H. April, Staf Ahli Pembangunan, Rapiuddin Tahir, Asisten III, Nursih Hariani, Kabag Organisasi, Hj. Asmah Sari, Kadis Kesehatan, dr. Rosmini Pandin, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, La Besse, dan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbangda, Dr. Syaifullah.
    Kehadiran Tim verlap hari ini akan melakukan peninjauan langsung dilapangan terkait 3 inovasi dari Kabupaten Luwu Timur yang berhasil menembus Top 50 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022.
    Ketiga Inovasi tersebut masing-masing ; “Pos Ajaib” (Popok Ku Sayang dan Ajaib) oleh inovator Irma, SKM, Sanitarian Puskesmas Mangkutana, “Jendela Kita” (Jemput Antar Dahak Dengan Langkah Kualitas Terjaga) oleh Inovator, Usman, S.Kep. NS, dari Puskesmas Angkona dan “Martabak Berdasi” (Mari Rangkul Penderita Diabetes dan Hipertensi) dengan inovator Nurnia, SKM dari Puskesmas Nuha.
    Ahmar Jalil, M.Pd., (Program Kompak Sulsel) Kepada Bupati Luwu Timur mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Biro Organisasi menugaskan tim untuk melakukan verifikasi lapangan terhadap tiga inovasi dari Kabupaten Luwu Timur yang masuk Top 50 di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Sulsel.
    “Jadi hari ini kami akan mengunjungi 3 lokus inovasi untuk melihat secara langsung inovasi tersebut,” kata Ahmar Jalil.
    Ahmar berharap bahwa inovasi-inovasi dari Kabupaten Luwu Timur terus masuk dalam kompetisi, bila memungkinkan, setelah ini pihaknya akan melakukan lagi pembinaan agar semakin banyak inovasi Luwu Timur yang mengikuti kompetisi.
    “Lumayan juga pak Bupati kalau ada salah satu inovasi Kabupaten Luwu Timur berhasil masuk Top 45 tingkat nasional, karena akan mendapat reward dari Pemerintah Pusat untuk dana insentif daerah. Jadi kami berharap dibuatkan memang perencanaannya, supaya pada saat lomba persiapannya sudah matang”  pesan Ahmar Jalil.
    Menanggapi hal tersebut, Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyatakan bahwa, inovasi dari daerah itu bukan soal dampak materi yang akan didapatkan saat mengikuti lomba, tapi bagaimana dampak pelayanannya kepada dapat lebih baik.
    “Kalau semua OPD punya inovasi, dampak pelayanannya itulah yang diperlukan dari inovasi tersebut, paling tidak kalau tidak dapat ki 10 M, bisa ki hemat 10 M,” tegas Bupati.
    Namun terlepas dari itu, Bupati Budiman tetap berharap salah satu inovasi dari Luwu Timur bisa masuk Top 45 tingkat nasional. “Mari kita saling mendoakan, semoga inovasi yang akan dilakukan penilaian lapangan hari ini bisa lolos tahap selanjutnya,” harap Budiman.
    Usai diterima di rujab Bupati, ketiga Tim Verlap langsung bertolak menuju ke lokasi untuk meninjau langsung inovasi Kabupaten Luwu Timur yang di mulai dari inovasi “Martabak Berdasi” dari Puskesmas Nuha, setelah itu menuju ke “Jendela Kita” Puskesmas Angkona dan terakhir di puskesmas Mangkutana dengan inovasi “Pos Ajaib”.
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT