BREAKING NEWS

BPS Lutim Terapkan Dua Metode Kombinasi Pada Sensus Penduduk

Selasa, 18 Februari 2020 | 06:58 WITA
BeritaLutim.com
  • BERITALUTIM.COM,MALILI — Pertama kalinya di tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Timur menerapkan metode kombinasi dalam Sensus Penduduk.

    Kobinasi yang dimaksud yakni memanfaatkan data adminduk dari kemendagri sebagai data dasar, juga melibatkan masyarakat untuk input data secara mandiri secara sistem online.

    “Saya apresiasi dengan inovasi yang telah dikerjakan BPS dalam Sensus Penduduk 2020, pendataan secara online ini bertujuan agar masyarakat dapat berpatisipasi dalam sensus penduduk serta mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya data administrasi yang sejalan dengan program nasional ” Gerakan Indonsia Sadar Administrasi (GISA)” kata Bupati Luwu Timur Thoriq Husler dalam rilisnya, Selasa (18/02/2020).

    Selain itu, kata Husler, sensus penduduk tahun 2020 bertujuan untuk memperoleh data penduduk terbaru dan akurat.

    Dan data sensus penduduk merupakan indikator yang sangat penting dalam menentukan kebijakan pembangunan nasional dan daerah ke depan.

    “Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan diberbagai bidang, oleh karena itu sangat penting untuk memiliki satu sumber kependudukan, sehingga menguatkan pijakan dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan,” ujar orang nomor satu di Luwu Timur ini.

    Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS) Kabupaten Luwu Timur Muhlis mengingatkan akan pentingnya hasil sensus penduduk tahun 2020 yang valid dan akuran.

    “Itu sebagai sumber data kebijakan dalam menyusun kebijakan dan dan perencanaan pembangunan diberbagai bidang,” tuturnya.

    Dalam hal ini, Muhlis berharap agar seluruh jajaran Pemerintah Daerah dan masyarakat besinergi dalam rangka mensukseskan sensus Tahun 2020 ini.

    Muhlis juga menambahkan dalam sensus penduduk 2020 ini terbagi menjadi 2 sistem, secara online dan wawancara.

    Sedangkan untuk sensus penduduk secara online dapat dilakukan mulai Tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, Sedangkan bagi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk secara online, akan dilakukan sensus secara wawancara dibulan Juli 2020.

    “Kami menargetkan Sensus Penduduk online Kabupaten Luwu Timur sebanyak 30% atau 22 Ribu KK, kami masih ada waktu 1,5 bulan untuk menggerakkan masyarakat mengisi Sensus Penduduk Online,” tutur Muhlis.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT